Rabu, 14 Maret 2012

WARNET SEHAT

Kalau Anda telah memutuskan ingin memblokir/memfilter (self-censorship) komputer di rumah, warnet atau sekolah, maka gunakanlah DNS Nawala Project. Nawala Project adalah sebuah layanan yang bebas digunakan oleh pengguna internet yang membutuhkan saringan konten negatif.
Menurut informasi di situs Nawala Project,  layanan yang diberikan secara spesifik akan memblokir jenis konten negatif yang tidak sesuai dengan peraturan perundangan, nilai dan norma sosial, adat istiadat dan kesusilaan bangsa Indonesia seperti pornografi dan perjudian. Selain itu, Nawala Project juga akan memblokir situs Internet yang mengandung konten berbahaya seperti malware, situs phising (penyesatan) dan sejenisnya.
Perlindungan pengguna, terutama anak-anak menjadi perhatian utama Nawala Project. Dengan adanya layanan ini, pihak pengelola Nawala Project berharapInternet dapat menjadi tempat yang lebih aman dan nyaman agar dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat Indonesia untuk mempercepat kemajuan serta kesejahteraan.
Daftar situs yang difilter jumlahnya telah mencapai 1 juta alamat. Layanan ini sejak awal dirancang untuk menerima masukan langsung tentang situs apa saja yang harus difilter, dari komunitas internet dan masyarakat umum. Masukan tersebut akan ditelaah terlebih dahulu oleh Tim Nawala Project untuk menentukan apakah sebuah situs layak di filter atau tidak.
Berikut ini 3 pertanyaan-jawaban cara mudah filter situs negatif di rumah, warnet atau sekolah:
-
1. Bagaimana cara menggunakan DNS Nawala?
Ubah DNS pada komputer atau server Anda ke alamat IP DNS Nawala. Hanya itu saja, dan Anda sudah siap menggunakan DNS Nawala. IP DNS Nawala adalah:
  • 180.131.144.144
  • 180.131.145.145
2. Operating System apa saja yang bisa menggunakan DNS Nawala?
Hampir semua OS yang umum digunakan (Windows, Mac, Linux) dapat memanfaatkan DNS Nawala.  Cara mudah setting DNS Nawala, silakan baca di situs Nawala Project atau di SpeedyWiki.
3. Siapa yang boleh menggunakan DNS Nawala? Apakah dikenakan biaya?
DNS Nawala dapat digunakan siapa saja, mulai dari pengguna rumahan sampai pengguna komersial. Tanpa batasan penyedia jasa layanan internet yang digunakan. Pengguna tidak dikenakan biaya apapun.
-
Yang harus Anda ingat, teknologi blokir / filter tidak pernah menjamin bahwa Internet yang diakses oleh anak atau murid kita, atau oleh siapapun, akan bebas dari konten negatif 100%. Untuk di rumah atau di sekolah, peran komunikasi yang baik dan intensif antara orangtua dengan anak, atau guru dengan murid, jauh lebih efektif untuk meminimalisir dampak negatif di Internet. Teknologi apapun, hanyalah sebagai alat bantu!
Silakan baca/dowload aneka panduan ber-Internet Sehat.
(bud / Tim Internet Sehat / tagtips)
Sumber : http://ictwatch.com

1 komentar:

lewis mengatakan...

Narkoba merusak masa depan bangsa...